Selamat Hari Pramuka

SMK Al-Hasra mengucapkan Selamat Hari Pramuka ke-61. Pramuka sendiri adalah singkatan dari Praja Muda Karana yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya, merupakan sebuah kegiatan pendidikan non-formal untuk pengembangan skill dan pembentukan karakter. Hari Pramuka biasa diperingati setiap tanggal 14 Agustus kerena memang kepramukaan ini diresmikan pada tanggal 14 Agustus 1961 oleh Presiden Soekarno melalui Mapinas (Majelis Pimpinan Nasional). Presiden Soekarno berperan sebagai Ketua Mapinas, sebagai Wakil I Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan Wakil II Brigjen TNI Dr. A. Azis Saleh. Presiden Soekarno melantik Ketua Kwartir Nasional yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang ditandai dengan penyerahan Panji Gerakan Pramuka dan dilanjutkan dengan pawai keliling kota Jakarta yang diikuti oleh sekitar 10.000 anggota Pramuka.

Melihat dari tujuan Pramuka yang begitu mulia maka sudah seharusnya sekolah-sekolah di seluruh Indonesia kembali mengaktifkan kegiatan Pramuka. Agar generasi muda menjadi generasi yang berkualitas dan memiliki jiwa Pancasila yang teraktualisasi dalam sikap, mandiri dan berjiwa pemimpin sejati. Bangsa ini membutuhkan generasi muda yang memiliki pribadi luhur, mandiri, cerdas, serta terampil. Menjadikan Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah merupakan pilihan yang tepat supaya peserta didik memiliki kepribadian yang berkarakter luhur.

Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka:

  1. Memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani;
  2. Menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila, setia, dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik, dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa, dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup, dan alam lingkungan.

Anggota Gerakan Pramuka golongan muda dapat dilihat dari usia anggota yaitu :

  1. Golongan Siaga merupakan anggota yang berusia 7 s.d. 10 tahun
  2. Golongan Penggalang merupakan anggota yang berusia 11 s.d. 15 tahun
  3. Golongan Penegak merupakan anggota yang berusia 16 s.d. 20 tahun
  4. Golongan Pandega merupakan anggota yang berusia 21 s.d. 25 tahun
Selamat Hari Pramuka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.