Sambutan Kepala Sekolah Dalam Pembukaan MPLS dan Pembukaan Tahun Pelajaran 2021/2022

Assalamu’alaikum Wr WB

Yang terhormat segenap pimpinan sekolah, Bpk/Ibu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan SMK Al-Hasra serta Bpk/Ibu orang tua dan wali murid, serta anak-anaku para peserta didik program keahlian PB dan TKJ SMK Al-Hasra yang berbahagia.

Puji syukur marilah senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang masih memberikan nikmat dan karunia kepada kita semua, sehingga kita masih bisa beraktifitas pada hari ini. Insya Allah dengan kita senantiasa bersyukur maka Allah SWT akan menambahkan nikmat-nikmat-Nya kepada kita semuanya.

Salam dan sholawat juga senantiasa kita curahkan kepada nabi muhammad SAWsemoga  kelak kita mendapat safaatnya selaku umatnya yg setia dgn ajarannya.

  • Saya atas nama pribadi dan sekolah mengucapkan selamat datang kepada para peserta didik Baru SMK Al-Hasra yang masuk di Tahun Pelajaran 2021-2022, Selamat bergabung bersama SMK Al-Hasra. Semoga kalian semuanya betah dan nyaman bersekolah di SMK Al-Hasra sampai 3 tahun kedepan dan dapat menyelesaikan pendidikan/sekolahnya di SMK Al-Hasra dengan hasil dan prestasi yang membanggakan.
  • SMK Al-Hasra adalah sekolah SMK yang mengedepakan Ilmu pengetahuan dan Teknologi/IPTEK dan dibarengi dengan IMTAQ atau nilai-nilai keislaman yang kuat. Sehingga insyaallah kalian akan mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan jurusan yg kalian pilih sebagai bekal kaliann menghadapi masa depan yang penuh dengan tantangan dan persaingan. Juga mendapatkan ilmu agama sebagai bekal seorang muslim dalam menjalankan kewajiban-kewajibannya dan menjadi pribadi yang sholeh dan sholehah.
  • Dalam acara pembukaan Tahun Ajaran Baru dan Pembukaan MPLS kali ini kondisinya hampir sama dengan tahun 2020 yang lalu. Dimana kita semua melaksanakan acara ini secara virtual menggunakan aplikasi zoom, karena memang kondisi saat ini belum memungkinkan bagi kita untuk melaksanakan kegiatan tatap muka di sekolah. Wabah Covid-19 benar-benar mengubah kebiasaan-kebiasaan dan perilaku kita baik secara individu maupun kelembagaan. Demi menjaga kesehatan kita semua warga sekolah, pemerintah Kota Depok belum memberikan ijin kepada sekolah-sekolah di Depok untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka seperti tertuang dalam SE Walikota Depok nomor 420/367 tahun 2021 tentang KBM T.P 2021-2022 dimasa pandemi covid-19 dimana sekolah diinstrusikan untuk melaksanakan pembelajaran secara daring/PJJ mulai tgl 19 Juli 2021. Semoga pandemi Covid-19 ini cepat selesai dan pemerintah kembali memberikan ijin kepada kita untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka. Disamping kita taat dgn protokol kesehatan seperti melaksanakan 3M namun sebagai manusia yang beriman harus kita barengi dengan berdoa kepada Allah SWT agar wabah ini segera dihilangkan dari muka bumi.
  • Pada pembukaan MPLS tahun 2019 para orangtua/walimurid dihimbau untuk mengantar putr/putrinya dihari pertama masuk sekolah, lalu para siswa/i berbaris rapi di lapangan untuk mengikuti upacara bendera dan dilanjutkan dengan MPLS di ruang-ruang kelas namun kali ini kita hanya bertemu secara virtual melalui aplikasi zoom. Bahkan seterusnya sampai waktu yang kita belum ketahui pasti kapan kita diijinkan kembali untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka. Sebagai mahluk Allah yang sempurna ini kita tidak boleh menyerah dengan keadaan kita saat ini, meskipun tanpa belajar tatap muka namun kita masih bisa belajar secara Daring/PJJ. Selama kalian serius mengikuti PJJ maka kalian tetap akan menerima dan menyerap pelajaran dari sekolah. Bapak dan Ibu guru kalian di sekolah akan melayani proses belajar PJJ kalian dengan baik. Perangkat pembelajaran dan sarana PJJ di sekolah juga sudah kami persiapkan dengan matang. Insya Allah tidak terjadi kendala dalam proses PJJ kedepan. Kita harus bisa mengambil hikmah dibalik pandemi Covid19 ini, diantaranya kita jadi lebih banyak belajar dengan dunia  IT.
  • Meskipun kalian semua hanya berkomunikasi secara online, tetaplah untuk menjalin silaturahmi dengan sesama teman baik teman sekelas, setingkat maupun dengan kakak kelas kalian. Dan terutama dengan Bapak/Ibu guru yang mengajar kalian, jangan sampai tidak kenal dengan Bapak/Ibu Gurunya. Seperti kata pepatah Tak kenal maka tak Sayang.
  • Di sekolah yang baru ini tentu saja akan berbeda dengan sekolah sebelumnya di SMP/MTS. Baik kurikulumnya, mata pelajarannya, Gurunya, Lingkungannya, Sarana Prasarananya. Suasananya banyak sekali perbedaan. Maka segeralah kalian untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolahmu yang baru ini. Ikutilah kegiatan MPLS dengan sebaik-baiknya agar bisa segera mengenal dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah. Terutama dalam mengenal Program Keahlian yang kalian pilih yaitu PB dan TKJ, setelah kalian kenal dengan apa itu PB dan TKJ mudah-mudahan kalian tambah mantap dalam mengikuti mata pelajaran produktif.
  • Untuk anak anakku siswa siswi kelas XI dan XII baik PB maupun TKJ Selamat kalian sudah dapat naik kelas. Terus semangat belajarnya jika tahun kemarin masih banyak yang kurang ayo diperbaiki di tahun ini mumpung masih ada kesempatan.
  • Berilah contoh yang baik kepada adik adikmu kelas X, bantulah adik adikmu agar segera bisa menyesuaikan dengan lingkungan sekolah dan sistem pembelajaran di SMK Al-Hasra. Perbaiki terus cara belajar kalian, dan lebih giat dari tahun kemarin meskipun masih belajar dimasa pendemi Covid-19. Insya Allah apa yang kalian cita-citakan akan tercapai.
  • Untuk menghadpi pembelajaran Daring/PJJ, persiapkan segala sesuatunya dengan baik supaya tidak menjadi kendala selama PJJ. Persiapkan perangkat Gedgate kalian, Kami lebih merekomendasikan untuk menggunakan laptop atau komputer supaya lebih maksimal terutama saat mengerjakan tugas-tugas dari Bpk/Ibu guru.  Terutama untuk pelajaran-pelajaran produktif yang membutuhkan praktik dengan aplikasi-aplikasi. Maka laptop lebih direkomendasikan daripada HP, namun jika memang belum ada kami tidak memaksan harus punya laptop yang penting kalian tetap bisa ikut kegiatan PJJ.
  • Karena kalian sudah dewasa dan duduk di bangku SLTA yaitu SMK Al-Hasra, belajarlah untuk menghargai waktu dalam segala hal terutama dalam mengikuti PJJ. Atur jam tidur kalian, jangan tidur larut malam yang akibatnya bangun paginya kesiangan dan tidak ikut kegiatan T-QURANI dan jam pelajaran pagi. Maka mulailah dari sekarang untuk bisa mengatur waktu kalian masing-masing.
  •  Akhirnya, selamat belajar kembali ditahun pelajaran yang baru yaitu tahun pelajaran 2021-2022, mulailah dengan semangat yang baru juga, semangat untuk mengukir prestasi, Tanamkan dihati kalian semua :

TIADA HARI TANPA BELAJAR dan AKU HARUS BERPRESTASI

semoga kita semuanya senantiasa sehat dan dapat melaksanakan tugas dan kewajiban kita dengan sebaik baiknya.

  • Untuk Bapak Ibu Guru, marilah kita senantiasa untuk memberikan motivasi dan inovasi dalam proses PJJ ini supaya kita dapat memberikan layanan yang terbaik kepada para siswa/siswi kita di SMK Al-Hasra
  • Saya juga mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bpk/Ibu Panita MPLS, Wali Kelas, Dewan Guru dan Staff  SMK semuanya, serta anak-anaku pengurus OSIS atas kerja kerasnya dalam menyelenggarakan acara pembukaan MPLS dan Tahun Pelajaran Baru 2021-2022 ini, semoga acara ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga sukses sampai selesai. Aamiin
  • Dengan mengucap Bissmillahirrahmanirrahiim dan dengan memohon Ridho Allah SWT, Kegiatan MPLS dan Tahun Pelajaran 2021-2022 saya nyatakan dibuka….

Demikian sambutan saya selaku Kepala SMK Al-Hasra, kurang dan lebihnya mohon maaf dan terima kasih atas segala perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Wr Wb…

Depok, 21 Juli 2021

Kepala SMK Al-Hasra

TUSAM, S.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *