Selamat Hari Lahir Pancasila

Untuk menyiapkan kemerdekaan Indonesia yang pada tahun 1945 masih dibawah penjajahan Jepang para tokoh pendiri bangsa saat itu membentuk Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia BPUPKI. Dalam sidang BPUPKI pada tanggal 1 Juni 1945 Ir. Soekarno menyampaikan pidatonya tentang gagasan dasar negara yang berjudul Pancasila. Kata Pancasila berasal dari Bahasa Sansekerta yaitu Panca=lima dan Sila=dasar, maka Pancasila berarti lima dasar atau lima asas untuk berdirinya negara Indonesia.
Dengan disetujuinya pidato berjudul Pancasila untuk dasar negara dalam sidang BPUPKI tersebut maka pemerintah menetapkan 1 Juni sebagai hari lahirnya Pancasila yang telah ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) nomor 24 tahun 2016. Dengan ditetapkannya hari lahir Pancasila diharapkan setiap warga negara dapat terus mengingat bahwa Pancasila adalah dasar negara Indonesia dan tidak ada lagi peluang untuk munculnya ideologi-ideologi baru untuk menjadi dasar negara selain Pancasila karena Pancasila sudah final dan tidak tergantikan oleh ideologi apapun.
Penanaman nilai-nilai Pancasila memang harus ditanamkan kepada setiap warga negara dan terutama kepada para generasi muda. Karena generasi muda yang memahami dan menghayati Pancasila tidak akan mudah disusupi dengan paham-paham radikal yang sekarang ini banyak menyebar di berbagai negara timur tengah. Peristiwa-peristiwa kerusuhan dan aksi terorisme di Indonesia adalah bukti nyata sudah masuknya paham-paham radikal. Hal ini harus segera diatasi agar tidak semakin banyak warga negara yang terpapar dengan paham radikal karena mereka ingin mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi baru yang tidak cocok dengan negara Indonesia yang beragam suku, agama dan golongan. Ideologi Pancasila sudah terbukti menjadi ideologi yang paling cocok untuk menyatukan keanekaragaman menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Di SMK Al-Hasra penanaman Ideologi Pancasila kepada para peserta didik dilakukan melalui berbagai kegiatan-kegiatan sekolah. Untuk peringatan tahun ini adalah dengan pembuatan flayer ucapan hari lahir Pancasila dari sekolah dan dibagikan kepada seluruh warga sekolah untuk dishare di media sosial masing-masing baik status whatsapp, instagram, twitter dan facebook. Melalui media falyer online tentang hari lahir pancasila ini setidaknya warga sekolah dapat mengingatkan pembaca tentang dasar negara Pancasila. Harapan pihak sekolah kepada para peserta didik adalah supaya mereke memiliki pemahaman yang kuat tentang dasar negara Pancasila sehingga tidak mudah terpapar paham-paham radikal. Para generasi muda yang paham Pancasila akan memiliki rasa cinta tanah air yang tinggi dan memiliki kemauan yang tinggi untuk menuntut ilmu yang setinggi-tingginya. Meraka harus mampu bersaing dengan bangsa lain terutama dalam hal pendidikan dan keterampilan. SMK dituntut harus mampu menyiapkan calon-calon tenaga kerja yang kompeten dalam bidangnya sehingga mampu bersaing dengan tenaga kerja asing agar kita dapat menjadi tuan rumah di negara sendiri . SMK Bisa….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *