LDK SMK AL-HASRA

Bojongsari (23-24 September 2022) Seluruh Peserta didik kelas X SMK Al-Hasra mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Kegiatan ini merupakan agenda rutin untuk setiap peserta didik kelas X sebagai bekal bagi mereka untuk mengikuti kegiatan sekolah selama tiga tahun kedepan sampai mereka lulus. Adapun acara-acara dalam kegiatan LDK juga berisi materi-materi tentang kepemimpinan, kerjasama, gotong-royong, serta kemandirian. Jadwalnya juga cukup padat mulai dari hari Jumat sampai sabtu siang (23-24 September 2022) atau dua hari satu malam. Sekolah memilih lokasi untuk LDK di Kampoeng Gowes yang ada di kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari.

Kegiatan LDK dimulai di sekolah sejak pukul 07.00 WIB untuk pengecekan barang-barang dan perlengkapan yang dimentori oleh para pengurus OSIS. Kemudian pukul 08.00 WIB dilaksanakan apel pembukaan LDK dengan pembina apel oleh Kepala Sekolah Bapak Tusam, S.Pd yang dalam sambutannya menyampaikan :

  1. LDK merupakan wadah bagi peserta didik yang kelak akan menjadi pemimpin mulai dari tingkat sekolah seperti Pengurus OSIS, pemimpin di tempat kerja, sampai pemimpin di masyarakat.
  2. Dalam kegiatan LDK akan belajar pengetahuan baru tentang soft skill untuk kecakapan hidup yang banyak disampaikan oleh narasumber dalam LDK.
  3. Melatih sikap dan perilaku yang baik kepada sesama siswa satu angkatan, kakak kelas,  pengurus OSIS, orang yang lebih dewasa, orang tua, dan Bapak/Ibu guru.
  4. Melatih sikap saling kerjsama dan tolong-menolong kepada teman dan orang lain.

Bapak kepala sekolah juga menyampaikan harapannya bahwa peserta LDK adalah calon-calon pengurus OSIS kedepan atau periode selanjutnya. Semoga kelak kepemimpinan organisasi OSIS dapat berjalan lebih baik lagi mengingat pandemi Covid-19 sudah hilang sehingga kegiatan OSIS akan lebih banyak dan padat. Setelah apel pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan kepramukaan seperti latihan mendirikan tenda sampai menjelang Shalat Jumat. Dan pada pukul 13.30 WIB seluruh peserta LDK dan guru pendamping berangkat menuju tempat LDK di Kampoeng Gowes.

Di Kampung gowes inilah semua kegiatan inti LDK dilaksanakan mulai dari mendirikan tenda, shalat wajib berjamaah, shalat malam, materi kepemimpinan, materi kealhasraan, diskusi dengan alumni terbaik, memasak, outbound ,dan lain-lain.

Alhamdulillan seluruh kegiatan LDK selesai pada hari Sabtu pukul 11.00 WIB dan langsung ditutup oleh wakil Kepala Sekolah Ibu Dede Siti Hojariah, S.Pd.I. Setelah penutupan peserta LDK menikmati makan siang, Shalat Dzuhur berjamaah, baru berkemas untuk kembali ke sekolah. Dan sampai kembali ke sekolah pada pukul 13.30 WIB. Banyak sekali manfaat yang diambil dalam kegiatan LDK baik bagi siswa maupun bagi sekolah. Semoga kegiatan LDK di tahun berikutnya dapat berjalan lebih baik lagi. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *