ANBK 2022

Bojongsari (30 Agustus 2022) Sebanyak 45 peserta didik kelas XI SMK Al-Hasra mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Peserta ANBK tersebut diambil secara acak dari peserta didik kelas XI dimana penentuan nama peserta sudah ditentukan langsung dari Kemendikbudristek. Karena memang ANBK adalah program penilaian mutu sekolah, madrasah, dan program kesetaraan di jenjang dasar dan menengah. Sementara Asesmen Nasional merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Ada tiga instrumen penilaian dari ANBK sebagai bagian dari evalusi pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, yaitu:

  1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid,
  2. Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid,
  3. Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Teknis pelaksanaannya sebanyak 45 peserta didik dibagi menjadi 3 sesi sehingga setiap sesi ada 15 siswa dan setiap sesi durasinya 130 menit. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 29-30 Agustus 2022. Di hari pertama mereka mengerjakan soal Literasi membaca dan Survei Karakter sedangkan dihari kedua mengerjakan soal Numerasi dan Survei lingkungan belajar.  Pelaksanan ANBK yang dilaksanakan di SMK Al-Hasra menggunakan model semi online, yaitu sekolah menyediakan server untuk ANBK. Yang terlibat di dalam ruang ANBK hanya proktor, teknisi dan pengawas silang dari sekolah lain. Alhamdulillah pelaksanaan berjalan lancar dan semua peserta dapat menyelesaikan soal asesmen sesuai dengan waktu yang tersedia.

ANBK 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.