UJIAN SEKOLAH TP 2021/2022

Depok (18-05-2022) Peserta didik kelas XI SMK Al-Hasra mengikuti Ujian Sekolah (US) secara tatap muka di sekolah. Hal ini sesuai dengan edaran dari Disdik Jabar bahwa setelah libur Idul Fitri 1443 H kegiatan KBM dapat dilaksanakan PTM 100 persen. Ujian Sekolah merupakan salah satu ujian akhir bagi peserta didik kelas XII sebagai persyaratan kelulusan sejak dihapusnya Ujian Nasional (UN) oleh Menteri Pendidikan Nadiem Makarim lewat SE Mendikbud Nomor 1 tahun 2021 tentang Peniadaan UN dan Ujian Kesetaraan serta pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19 ditujukan kepada Gubernur, Bupati dan Walikota di seluruh Indonesia dengan tembusan yang diberikan kepada Menteri Agama, Seluruh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Seluruh Kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan Seluruh Kepala Satuan Pendidikan.
Ujian Sekolah ini bukan menjadi satu-satunya penentu kelulusan peserta didik kelas XII di SMK Al-Hasra. Karena masih ada beberapa kriteria yang menjadi penentu kelulusan diataranya nilai raport dari semester satu sampai semester lima, Nilai Ujian Kompetensi Keahlian dan lain-lain. Meskipun ujian sekolah ini dilakukan melalui tatap muka namun tidak lagi menggunakan model paper. SMK Al-Hasra melaksanakannya menggunakan model CBT dimana soal dijalankan menggunakan komputer server lokal dan peserta didik mengerjakannya menggunakan perangkat gadget seperti smartphone dan laptop. Penggunaan IT (information technology) dalam pelaksanaan ujian sekolah ini memiliki banyak manfaat baik bagi peserta didik maupun bagi sekolah diantaranya :

  1. Mendorong sekolah untuk dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dan berkembang sangat cepat.
  2. Hemat biaya dan anggaran karena tidak ada foto copy soal.
  3. Hemat waktu dalam persiapan ujian
  4. Hasil tes lebih akurat karena sistem komputer
  5. Memudahkan peserta ujian karena tidak perlu menyiapkan alat tulis.
  6. Ramah lingkungan dengan tidak lagi banyak menggunakan kertas
    Meskipun dalam ujian sekolah dengan model CBT ini masih ditemui beberapa kendala kecil namun masih tetap bisa diatasi oleh tim IT sekolah sehingga seluruh kegiatan ujian sekolah dapat berjalan dengan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *