Belajar Berqurban

Minggu (10 Juni 2022) adalah hari kedua setelah Hari Raya Idul Adha yang tahun ini jatuh pada hari Sabtu 9 Juli 2022. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya pada setiap Idul Adha di SMK Al-Hasra selalu menyelenggarakan penyembelihan hewan Qurban yang pelaksanaanya dibawah koordinasi lembaga Al-Hasra Islamic Center. Dari hewan-hewan qurban yang masuk ke Panitia Qurban, telah diputuskan untuk didistribusikan ke beberapa tempat yang memang membutuhkan.  Ada yang salurkan ke lembaga Rumah Zakat, ke masyarakat sekitar sekolah, dan 9 ekor kambing akan di salurkan ke kampung Cigelap di Desa Cibeuteung Udik, Kecamatan Ciseeng, Bogor. Jarak kampung Cigelap ini dari sekolah berjarak sekitar 20 kilometer.

Sesuai dengan kesepakatan pihak panitia qurban dan tokoh masyarakat setempat maka proses penyembelihan dilaksanakan pada hari Ahad, 10 Juli 2022 dan bertempat di halaman masjid setempat. Sebagai salah satu wadah untuk pembelajaran bagi peserta didik dalam mengelola hewan qurban, maka diajaklah beberapa siswa-siswi untuk terlibat secara langsung dalam proses penyembelihan dan pendistribusian. Tim panitia qurban ini berangkat dari sekolah menuju lokasi sasaran pada pukul delapan pagi menggunakan mobil sekolah, mobil odong-odong, mobil bak pembawa kambing dan sepeda motor. Setelah menempuh perjalanan sekitar 90 menit mereka sampai di kampung Cigelap.  

Setiba di lokasi satu persatu kambing qurban diturunkan dan masuk ke lokasi penyembelihan. Ada beberapa kambing yang disembelih oleh tim dari sekolah dan sisanya disembelih oleh pengurus DKM masjid setempat yaitu masjid Baitul Mu’minin. Setelah disembelih kemudian berlanjut ke bagian pencincangan yang terdiri dari masyarakat setempat dan juga tim sekolah. Dengan kerjsama yang baik kegiatan inipun selesai pukul 2 siang dan langsung didistribusikan kepada masyarakat yang telah diberikan kupn sebelumnya. Sehingga proses distribusinya berjalan denan tertib dan terkendali karena bagi yang tidak memiliki kupon maka tidak berhak menerima bagian daging qurban. Setelah semua proses pendistribusian selesai dan shalat Ashar berjamaah di masjid Almu’minin tim qurban sekolahpun berpamitan dengan tokoh masyarakat setempat dan kembali ke yayasan Al-Hasra. Kegiatan ini tentunya memberikan nilai yang sangat positif baik bagi sekolah maupun bagi masyarakat yang menerima. Harapan sekolah semoga pada Idul Fitri tahun depan dapat lebih baik dan lebih banyak lagi hewan qurban yang akan disalurkan ke masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *