Artikel dan Rilis Berita

Pembelajaran Asesmen

9 Mei 2025

Humas

3

Nama             : Baihaki Ari Nugraha         

Homebase

Identitas Buku

Judul Buku:

Panduan Pembelajaran dan Asesmen

Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar,

dan Pendidikan Menengah

Edisi Revisi Tahun 2024

Pengarang:

Dion Ginanto (Universitas Islam Negeri Sulthan

Thaha Saifuddin Jambi)

Ameliasari Tauresia Kesuma (Madrasah Aliyah Negeri

Salatiga)

Yogi Anggraena (Pusat Kurikulum dan Pembelajaran)

Dwi Setiyowati (Pusat Kurikulum dan Pembelajaran)

Editor:

Zulfikri (Pusat Kurikulum dan Pembelajaran)

M. Heru Iman Wibowo (Pusat Kurikulum dan Pembelajaran)

Nur Rofika Ayu Shinta Amalia (Pusat Kurikulum dan Pembelajaran)

Ardanti Andiarti (Praktisi Pendidikan)

Indriyati Herutami (Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan)

Prayoga Rendra Vendiktama (Pusat Kurikulum dan Pembelajaran)

Rizki Maisura (Pusat Kurikulum dan Pembelajaran)

Anitawati (Pusat Kurikulum dan Pembelajaran)

A.M. Yusri Saad (Pusat Kurikulum dan Pembelajaran)

Arie Tristiani (Pusat Kurikulum dan Pembelajaran)

Neneng Kadariyah (Pusat Kurikulum dan Pembelajaran)

Anggraeni (Pusat Kurikulum dan Pembelajaran)

Fera Herawati (Pusat Kurikulum dan Pembelajaran)

Nina Purnamasari (Pusat Kurikulum dan Pembelajaran)

Eskawati Musyarofah (Pusat Kurikulum dan Pembelajaran)

Penerbit:

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP)

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Edisi Revisi Ke-2, Mei 2024

 

Tahun: 2024

Tebal Halaman: 151

Ukuran: -

Kategori Buku: Pendidikan

ISBN: -

Harga: -

 

 

Sinopsis

 

Panduan ini bertujuan untuk membantu pendidik dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran serta asesmen yang efektif sesuai Kurikulum Merdeka. Prinsip utamanya adalah pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, dengan fleksibilitas dalam mengadaptasi metode dan alat asesmen berdasarkan kebutuhan mereka.

 

Beberapa poin kunci yang dibahas dalam panduan ini:

  1. Prinsip Pembelajaran menekankan interaksi, kreativitas, dan motivasi peserta didik, serta pentingnya pengalaman belajar yang menyenangkan dan menantang.
  2. Asesmen terbagi menjadi formatif (untuk memantau proses pembelajaran) dan sumatif (untuk menilai capaian akhir), yang digunakan untuk mengukur perkembangan dan keberhasilan peserta didik.
  3. Perencanaan Pembelajaran dijelaskan dengan konsep backward design, di mana tujuan pembelajaran dirancang dengan memulai dari hasil yang diharapkan, kemudian diikuti oleh metode pembelajaran dan asesmen yang relevan.

 

Panduan ini memuat langkah-langkah praktis untuk mengembangkan rencana pembelajaran, menyusun modul ajar, dan melakukan asesmen yang holistik dan edukatif, sesuai dengan fase perkembangan peserta didik.

 

lajaran, menyusun modul ajar, dan melakukan asesmen yang holistik dan edukatif, sesuai dengan fase perkembangan peserta didik.

Rilis Berita

Pembelajaran Asesmen

9 Mei 2025

Humas

56 Medali Emas dan 57 Medali Perak Siswa Al-Hasra Torehkan Prestasi di Ajang International Competition WSDG 2024

11 November 2024

International Program

PPDB SMK Al-Hasra Tahun Pelajaran 2025/2026 Gelombang 1 Sudah Dibuka!

7 November 2024

Penerimaan Peserta Didik Baru